Selasa, 04 November 2014

Koperasi di Dunia (Irlandia)

Dublin Food Co-op

 

Dublin Food Co-operative Society Limited merupakan pengecer makanan berbasis di Dublin , Irlandia . Perusahaan ini didirikan pada tahun 1983 dan didasari sebagai koperasi konsumen, dengan fokus pada produk organik dan wholefood.
Hari perdagangan utama Co-op adalah hari Sabtu, ketika mayoritas penjualan yang dilakukan di stand. Operasinya agak mirip dengan pasar petani dalam beberapa hal, yang digunakan adalah model operasi lebih lanjut dari populeritas pasar petani di Irlandia. The Dublin Food Co-op juga buka pada hari Kamis, Jumat dan pada hari Minggu (tetapi secara independen).

Sebagian besar makanan pra-dikemas Co-op adalah produk organik dan penekanan khusus ditempatkan pada Trade Fair dan ramah lingkungan. Selama Sabtu perdagangan (9:30-16:30), diatas stand diletakkan sayuran organik dan buah-buahan, keju organik, telur dan susu, anggur organik, pakaian organik, buku dan barang-barang non-makanan lainnya. Co-op juga buka pada hari Kamis dan Jumat dengan ketersediaan produk segar yang lebih terbatas. Selain itu, Co-op menawarkan produk makanan yang berkisar dijual pada hari Minggu.
 
Jumlah anggota-pemegang saham Masyarakat pada akhir 2012 tercatat oleh akun tahunan ada 876. Anggota menerima diskon 5% untuk pembelian, yang meningkat menjadi 15% jika mereka juga menjadu relawan pada sistem giliran untuk membantu dengan tugas-tugas seperti rak susun.
Disini terdapat ruang permanen yang tersedia untuk disewa, Co-op telah menjadi rumah bagi acara rutin termasuk the monthly Dublin Flea Market, Fusion Market and Newmarket Brocante, dan juga untuk perayaan hari kemerdekaan.

Sebuah studi 2009 akademik menjelaskan Dublin Food Co-op sebagai "distinctive on the Irish scene" karena struktur organisasinya. Pada waktu itu, salah satu dari hanya dua pengecer wholefood Irlandia ditetapkan sebagai koperasi dan satu-satunya yang mengambil bentuk koperasi konsumen (yang lain, Quay Co-operative di Cork, diselenggarakan sebagai pekerja koperasi ).
Penelitian ini juga berpendapat bahwa Co-op telah memiliki struktur harga yang berbeda untuk bisnis konvensional, dengan hanya menambahkan margin yang dibutuhkan untuk menutupi beban usaha

Tidak ada komentar:

Posting Komentar